Kuliah Umum Kerjasama Prodi D.III Hiperkes & Keselamatan Kerja FK UNS dengan PT. Cipta Kridatama

Kamis, 7 Juli 2011 bertempat di kampus Prodi D.III Hiperkes & Keselamatan Kerja Fakultas Kedokteran UNS (Komplek Tirtomoyo Jebres) telah diadakan kegiatan Kuliah Umum. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kerjasama antara Prodi D.III Hiperkes & Keselamatan Kerja FK UNS dengan PT. Cipta Kridatama sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan yang care terhadap pelaksanaan upaya Higiene Perusahaan Kesehatan (Hiperkes) & Keselamatan Kerja dalam proses produksinya. Latar belakang kunjungan dan kuliah umum ini oleh pihak PT. Cipta Kridatama sendiri adalah dalam rangka melaksanakan Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Cipta Kridatama untuk ikut mencerdaskan Bangsa Indonesia Dan Menciptakan Peluang Kerja Yang layak Bagi Rakyat Indonesia. Selain itu secara khusus meningkatkan kerjasama PT. Cipta Kridatama dan Universitas Sebelas Maret Surakarta yang telah terjalin dengan : Recruitmen mahasiswa jurusan Hiperkes & Keselamatan Kerja sebanyak 38 orang ( sejak tahun 2007-2011) dengan jalur karier :

  1. OSHE Superintendent Head Office- Jakarta
  2. Area OSHE Manager-kalimantan
  3. OSHE Supervisor Project
  4. OSHE Coordinator Project
  5. OSHE Analyst Project

Bentuk kerjasama lain yang telah terjalin yaitu melalui program Magang /kerja praktek mahasiswa, riset mahasiswa jurusan Hiperkes & Keselamatan Kerja.

Bagi mahasiswa program studi D.III Hiperkes & Keselamatan Kerja, kuliah umum yang terselenggara kali ini merupakan salah satu point penting untuk semakin menambah wawasan tentang penerapan ilmu Hiperkes & Keselamatan Kerja di tempat kerja khususnya pada perusahaan pertambangan.

Materi yang diberikan oleh pihak perusahaan, yaitu :

  1. Operation system di bidang pertambangan (khususnya di tambang batubara yang dikelola oleh PT. CK)
  2. Occupational Safety Health & Environment System (OSHE System)
  3. Membangun diri untuk menjadi pribadi yang berkualitas

Diharapkan Kerjasama ini terus terjalin dengan baik sebagai salah satu upaya untuk semakin menggaungkan penerapan Hiperkes & Keselamatan Kerja di tempat kerja dan untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Skip to toolbar